Butuh Bantuan? Customer Service GUDANG-MUKENA.COM siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.

Jenis Bahan Kain Untuk Membuat Mukena

Ditulis pada: 7 Desember 2018 | Kategori: Tak Berkategori

Mukena adalah busana wanita muslimah khusus untuk digunakan dalam rangka menunaikan ibadah shalat, baik itu shalat wajib atau shalat sunah biasa, shalat sunah Idul fitri & Idul Adha. Dengan semakin berkembangnya teknologi tekstil dan model busana, maka model dan bahan mukenapun mengalami perubahan, tidak monoton seperti jaman dahulu.

Memilih bahan mukena yang nyaman saat dipakai untuk sholat tentu saja penting. Mukena adalah busana wanita muslim yang selalu dipakai dalam menjalankan ibadah shalat seperti shalat wajib lima rakaat, shalat sunah biasa, shalat taraweh saat bulan suci Ramadhan, shalat Idul Fitri dan juga shalat Idul Adha. Seperti busana muslim lainnya, seiring berkembangnya teknologi tekstil dan mode fashion mukena pun kini hadir berbagai macam model mukena dengan beraneka ragam bahan. Bahkan hampir setiap tahun model dan jenis bahan mukena makin bervariasi.

Jenis Bahan Kain Untuk Membuat Mukena

Pada saat anda ingin membeli mukena selain model dan harga mukena anda juga harus memperhatikan faktor kenyamanan saat menggunakannya. Ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan seperti jenis bahan apa yang digunakan untuk membuat mukena tersebut. Karena bahan mukena yang bagus dan nyaman tidak akan membuat anda merasa kepanasan atau kegerahan saat menjalankan ibadah shalat.
Saat ini model dan bahan mukena sudah sama halnya dengan model dan bahan busana biasa, sehingga kebutuhan akan mukena setiap tahunnya selalu meningkat, sebab seorang wanita muslimah tidak cukup hanya memiliki 1 atau 2 mukena.

Mukena bukan sekedar hanya menutupi aurat, tapi faktor kenyamanan dalam mengenakan mukena saat beribadah juga menjadi perimbangan yang utama. Jadi, untuk itu pada saat kita akan membeli mukena perlu mempertimbangkan jenis bahan yang digunakan.

Gambaran Jenis Bahan Yang Biasa Dipakai Untuk Membuat Mukena.

Saat ini banyak sekali mukena yang dijual di pasaran dengan aneka model, motif, warna serta jenis bahan yang digunakan. Namun hal terpenting yang utama dalam membeli mukena adalah bahan yang digunakan adem dan nyaman serta menyerap keringat sehingga membuat ibadah shalat anda lebih khusyu dan tidak terganggu akibat merasa kepanasan. Bagi sobat fashion jilbab yang ingin membeli mukena baru, berikut ini beberapa rekomendasi jenis bahan mukena terbaik yang nyaman serta adem dipakai untuk shalat. Mari kita bahas satu persatu, yaitu:

1. Bahan Katun Jepang

Jenis bahan mukena katun jepang ini sedang sangat trend dikalangan wanita muslimah indonesia. Tak hanya dijadikan pakaian busana muslim, bahan katun jepang pun digunakan untuk membuat mukena dengan berbagai macam motif yang cantik dengan warna-warna yang manis. Mukena yang terbuat dari bahan katun jepang ini adem apabila digunakan dan juga mempunyai daya serap keringat yang baik serta tidak akan membuat anda kegerahan saat memakainya. Jika dibandingkan dengan bahan katun lainnya, katun jepang memang memiliki kualitas yang lebih bagus. Warna dan motif pada bahan katun jepang tetap akan cerah dan tidak luntur meskipun sudah dicuci berkali-kali.

2. Katun Rayon

Apabila anda suka dengan jenis bahan yang jatuh dan adem seperti kaos, maka mukena yang terbuat dari bahan katun rayon merupakan pilihan yang tepat. Bahan katun rayon ialah bahan campuran dari katun dan rayon yang berbahan dasar kayu. Mukena dengan berbahan katun rayon ini paling digemari oleh para wanita muslimah karena selain harganya yang terjangkau, bahannya pun sangat adem, lembut dan nyaman untuk dipakai shalat sehari-hari. Seperti mukena bali yang terbuat dari bahan katun rayon ini sangat booming dipasaran sejak beberapa tahun lalu hingga sampai saat ini masih banyak peminatnya dikarenakan sifat seratnya yang kuat dan juga tidak mudah sobek.

3. Katun Paris

Jenis bahan katun paris mempunyai karakteristik yang mirip dengan bahan katun jepang. Yang membedakan kedua bahan ini adalah bahan katun paris lebih tipis jika dibandingkan katun jepang. Mukena dari bahan katun paris juga adem, nyaman dan dapat menyerap keringat dengan baik saat digunakan. Mukena bahan katun paris ini cocok apabila dipakai untuk melakukan ibadah shalat sehari-hari.

4. Katun Silk

Bahan katun silk merupakan perpaduan dari bahan katun dan sutra. Mukena dengan berbahan dasar katun silk akan nyaman dipakai, mudah diatur serta adem dan memiliki daya serap keringat yang baik sehingga cocok digunakan untuk shalat sehari-hari ataupun di hari spesial. Jika dilihat bahan ini mirip dengan bahan sutra yang halus dan lembut serta memiliki ketebalan yang cukup sehingga tidak akan menerawang saat digunakan. Campuran dari bahan sutra membuat mukena dari bahan ini terlihat sangat elegan ditambah campuran bahan katun yang membuatnya kuat, awet, dan tahan lama apabila mendapatkan perawatan yang tepat.

5. Sutra (Silk)

Tampilan sutra yang bersinar dan berkilau akan membuat mukena berbahan dasar sutra terkesan mewah, elegan, dan indah. Bahan sutra terkenal mempunyai sifat kuat, elastis, tidak akan membuat anda kegerahan saat panas serta tidak terasa dingin meskipun udara sedang dingin. Mukena bahan sutra ini relatif mahal. Oleh karena itu mukena jenis ini biasanya digunakan pada saat hari-hari spesial seperti saat shalat Idul Fitri dan shalat Idul Adha. Jika anda sedang mencari mukena untuk digunakan saat shalat Idul Fitri nanti, mukena bahan sutra bisa menjadi pilhan yang cocok.

6. Parasut

Mukena dengan bahan parasut ini memakai bahan parasut yang tipis dan ringan. Meskipun tipis, namun bahan parasut ini terkenal kuat dan tidak mudah kusut. Mukena ini juga sangat adem apabila dipakai untuk shalat serta sangat mudah untuk disimpan. Apabila anda sering berpergian dan membawa mukena sendiri saat shalat di tempat umum, mukena bahan parasut ini cocok bagi anda karena bahannya yang ringan untuk dibawa dan juga mudah dilipat.

7. Spandek

Seperti mukena katun rayon, mukena berbahan spandek ini juga mempunyai karakteristik bahan yang jatuh dan adem. Meskipun tidak terlalu mudah untuk menyerap keringat, namun mukena bahan spandek memberikan kesan eksklusif karena bahannya yang lembut serta memiliki serat halus. Tentunya anda akan tetap merasa nyaman saat menggunakannya untuk shalat. Mukena bahan spandek ini tersedia dengan berbagai macam warna yang cantik sesuai dengan selera anda.

8. Katun IMA

Katun ima masih termasuk jenis katun jepang polos dengan garis serat yang sedikit lebih jelas. Di sebut katun IMA karena berasal dari Jepang dengan merk IMA. Jenis kain ini sangat digemari oleh para hijabers untuk dijadikan hijab pashmina. Tak hanya hijab bahan katun IMA ini juga di produksi sebagai bahan dasar mukena dengan kualitas premium. Mukena berbahan katun IMA ini juga sangat nyaman dan enak saat dipakai untuk shalat.

9. Katun CVC

Katun CVC (cotton viscose) adalah bahan katun dengan komposisi 60-75% katun dan sisanya viscose yang nyaman, lembut dan adem, yang biasa juga disebut katun korea. Kelebihan bahan ini dibanding dengan bahan yang lainnya adalah tidak mudah kusut & tingkat penyusutan kain yang rendah. Jenis bahan ini banyak di sukai karena memang lebih nyaman di pakai dan merupakan kain berkualitas bagus.

10. Katun Lokal

Meskipun disebut lokal, namun mukena dengan bahan katun lokal ini juga sangat banyak peminatnya. Harganya yang relatif murah dan terjangkau dikarenakan jenis bahan katun lokal ini dengan mudah didapat dari negeri sendiri. Walaupun harganya terbilang murah, namun bahan katun lokal ini memiliki kelebihan dapat menyerap keringat dengan baik. Banyak sekali produsen mukena yang menjual mukena dari bahan katun lokal ini . Dengan berbagai warna yang dipadu padankan dengan berbagai macam motif.

11. BSY

BSY adalah singkatan dari bi shrinkage yarn. bahan ini terbuat dari dua jenis poliester filamen yang mempunyai tingkat ke susutan yang berbeda sehingga menghasilkan bahan dengan karakteristik:
– mirip katun tapi agak licin, lebih “jatuh” dan tidak kaku
– halus
– tidak panas
– tidak mudah kusut
– warna lebih awet
– non katun. non sutra

12. Baby Silk

Bahan BABY SILK itu mengkilat dibandingkan yg bahan silky , licin , lembut , halus, jatuh , agak sedikit tebal dibandingkan bahan silky biasanya. Sehingga tidak terlalu transparan seperti silky. Dan tentu adem saat dipakai nya.

13. Rayon Janger

Mukena bahan rayon janger merupakan bahan andalan untuk membuat mukena bekualitas premium. Karena bahan ini memang nyaman dipakai, tebal namun tidak panas. Mukena dengan Bahan Kain Rayon Janger memiliki tingkat kerapatan benang yang tinggi dan relatif sedikit tebal dibanding dengan bahan rayon biasa murahan. Bahan rayon ini memiliki tekstur kain yang halus, lembut dan sangat adem sehingga nyaman saat dikenakan, bahan ini juga memiliki daya serap yang tinggi sehingga bisa berwarna cerah dan tajam. Rayon Janger merupakan salah satu jenis kain yang dengan harga relatif tinggi karena memang mempunyai kualitas yang sangat bagus.

Itulah 13 jenis bahan kain yang paling umum kita jumpai di pasar. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Jenis Bahan Kain Untuk Membuat Mukena
Author Rating
5Jenis Bahan Kain Untuk Membuat Mukena  Jenis Bahan Kain Untuk Membuat Mukena  Jenis Bahan Kain Untuk Membuat Mukena  Jenis Bahan Kain Untuk Membuat Mukena  Jenis Bahan Kain Untuk Membuat Mukena
Pencarian Terkait:
membuat mukena

Jenis Bahan Kain Untuk Membuat Mukena | 500+ Model Mukena Terbaru 2019, Grosir Mukena Anak karakter Murah