Butuh Bantuan? Customer Service kami siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati WA 087753351441.

Cara Membuat Mukena Bali

Ditulis pada: 18 Desember 2018 | Kategori: Tak Berkategori

Cara Membuat Mukena Bali

Bagi para perempuan muslimah di indonesia tentunya pasti tidak asing lagi dengan mukena bali. Mukena atau perlengkapan sholat wanita model bali ini sempat booming di empat tahun belakangan ini. Bahkan hingga saat ini pun mukena bali masih banyak peminatnya sebab bahannya yang lembut, jatuh dan adem sehingga nyaman dikenakan saat shalat. Walaupun sudah sedikit tergeser dengan kehadiran model mukena katun jepang.

Sebetulnya saya sendiri kurang begitu tahu dengan asal usul model mukena bali. Sebab mukena ini tidak hanya dijual dan diproduksi di Bali saja, namun di berbagai daerah pun juga sudah banyak yang memproduksinya. Mungkin dinamakan mukena bali karena bahannya yang memakai kain rayon yang identik dengan motif bunga seperti kain pantai (kain bali) yang biasa kita temui di pulau Bali.

Pada saat ini kain rayon yang biasa dipakai untuk bahan mukena bali ini semakin mudah kita mendapatkan di pasaran. Jadi kita juga bisa membuat mukena bali sendiri di rumah tanpa kita harus pergi ke Bali untuk membeli kainnya, hehe. Pada umumnya kain ini identik dengan motif bunga-bunga di salah satu tepian sisinya, sedangkan di bagian sisi lainnya tidak bermotif (polos). Namun ada juga yang bermotif di kedua sisi tepinya (bagian polos berada di tengah) dan juga ada yang full motif.

Bagi anda yang ingin berkreasi membuat mukena bali sendiri, cara yang pertama harus dilakukan tentu adalah membuat pola dilanjutkan dengan memotong bahan (kain) sesuai dengan pola yang telah dibuat. Pada intinya pola dasar untuk membuat mukena bali sama dengan membuat mukena biasa pada umumnya. Namun karena umumnya motif di kain rayon (bahan untuk mukena bali) hanya berada di sebagian sisinya, seringkali membuat kita menjadi kebingungan untuk memotong pola mukena bali. Bisa-bisa jadi salah potong dan gagal untuk menjahit mukena bali. Untuk teman-teman peminat mukena bali dan ingin membuatnya sendiri, berikut ini saya berikan tips untuk memotong pola mukena bali agar hasil mukena nantinya terlihat lebih bagus.

Pola Pertama

Pada intinya cara memotong pola mukena bali sama seperti dengan cara memotong mukena biasa pada umumnya. Untuk membuat bawahan mukena bali juga seperti biasa cukup siapkan kain yang sudah diukur untuk menjadi bawahan mukena (berbentuk persegi panjang) dan sambungkan kedua sisinya dengan dijahit.

Cara Membuat Mukena Bali

Cara Membuat Mukena Bali

Pada gambar di atas ini (bagian atas) terdapat gambar ilustrasi kain rayon (bahan mukena bali) yang akan dijadikan atasan mukena. Untuk membuat pola dasar, lipat kain tersebut menjadi dua bagian, dan hasilnya akan nampak seperti gambar di bawahnya. Pada gambar tersebut, terlihat garis putus-putus berwarna merah (berbentuk seperti seperempat lingkaran). Yaitu sebagai penanda untuk memotong kain yang akan dijadikan atasan mukena.

Setelah kain dipotong, hasilnya akan nampak seperti gambar di atas ini. Pola seperti ini adalah pola dasar mukena bali pada umumnya. Kita tinggal menambahkan pola untuk bagian ikat kepala dan bagian dagu.

Cara Membuat Mukena Bali

Pola dasar inilah yang nantinya jika selesai dijahit maka akan menghasilkan mukena seperti pada gambar di atas ini. Dimana pada bagian depan dari atasan mukena bermotif, sedangkan motif polos berada di bagian belakang.

Menarik kan. Nah kalian lebih suka pola yang mana?. Kalau kalian sudah bisa membuat pola mukena, kita lanjut belajar membuat mukena di sini yuk. Selamat berkreasi ya.. 🙂

Pencarian Terkait:
gambar mukenah dan cara membuatnya, tutorial membuat mukena

Cara Membuat Mukena Bali | 500+ Model Mukena Terbaru 2019, Grosir Mukena Anak karakter Murah